Thursday, July 6, 2017

Oiler, Penjaga Stamina Mesin Kapal

Oiler dapat diartikan sebagai tukang minyak mesin yang bertugas di kamar mesin sebuah kapal.



Berikut adalah jam-jam kerja yang bisanya (bukan patokan paten) umum digunakan diatas kapal, yaitu:
-04.00 s/d 08.00
-08.00 s/d 12.00
-12.00 s/d 16.00
-16.00 s/d 00.00
-00.00 s/d 04.00
dengan tugas :

  1. Merawat mesin induk (mesin Utama), Turbo Carge, Gear Box, Dll.
  2. Merawat pompa - pompa / pesawat bantu mesin induk (auxlary enginee), Stering Gear, Purifier, dll.
  3. Merawat Generator (auxlary Eengine), Emg Generator , Botol Angin (Compressor). Dll.


Oiler juga harus memahami dalam menjalankan tugasnya pada saat jam jaga di Kamar Mesin yaitu :

  • auxlary engine generator, pompa pompa, kompressor, dll;
  • main engin (mesin utama)
  • mesin induk kapal / mesin penggerak utama

Pada saat jam jaga di haruskan agar selalu mengecek termperatur dan tekanan mesin untuk kelancaran kapal saat sedang berlayar, karena Oiler juga punya tanggung jawab yang besar saat mesin sedang berjalan.

Berikut tentang apa yang perlu di perhatikah pada saat tugas jaga oiler di Kamar Mesin :

1. Lube oil / minyak pelumas (OLI)
    OLI yang di perhatikan seperti berikut :

  • OLI Sumptank / OLI Mesin induk kapal
  • OLI Gear Box
  • OLI Pendingin Injektor
  • OLI Generator / AE (AUXLARY ENGINE)
  • OLI Kompressor
  • OLI Governoor
  • OLI Turbo

2. Bahan bakar
    Berikut adalah bahan bakar yang ada di kapal yaitu ;

  • D.O (Diesel Oil) / sering kita sebut SOLAR
  • F.O (Fuel Oil) /Bahan bakar padat yang di cairkan melalui uap panas hasil pembakaran Boiler / Heater sebelum di gunakan.

3. Air pendingin mesin, terbagi 2 yaitu:

  • FW Fresh Water (air tawar), Air pendingin bolak balik yang masuk ke mesin / cylinder head. melalui Expansi tank / Radiator
  • SW Sea water ( air laut), Air pendingin yang bekerja keluar masuk untuk mendinginkan Kondensor, Fresh water, Lube Oil.
4. Temperatur dan tekanan mesin
Pada saat akan serah terimah jam jaga, di haruskan untuk mengambil Journal untuk mengisi nya di Look Book kapal dan mencatat temperatur gas buang, tekanan air tawar, tekanan air laut, tekanan oli, tekanan udara bilas In/Out dan Temperatur / suhu kamar mesin (Engine Room)

Jangan remehkan kinerja tukang oli di kapal, jika tidak ada Oiler, maka kapal pun tidak akan bisa berlayar secara maksimal. Mari bekerja dengan saling menghargai.

1 comment:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment,STP oli industri defoamer anti busa ,anti kerak dll.untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA=081310849918
    Terima kasih

    ReplyDelete

Adforce Groub Blitar

   Selamat untuk calon ABK ikan Adforce Group SOP dan MOU dari agent USA sudah keluar. Yang akan segera di berangkatkan pada bulan Nove...