Thursday, June 1, 2017

Laut dan Kelautan


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, "Laut" adalah kumpulan air asin (dalam jumlah yang banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. dalam makna yang lain, laut juga diartikan kumpulan air asin yang luas dan berhubungan dengan samudra. misalnya Laut Jawa, dan Laut Merah.



Sedangkan "Kelautan" adalah perihal yang berhubungan dengan laut. Sedang dalam pengertian yang lain, kelautan juga mencakup aspek yang sangat luas yaitu termasuk ruang/wilayah udara di atas permukaan air laut, pelagik (dari permukaan sampai 200 m kolom air), mesopelagik (pelagik sampai kedalaman 500 m), abisal (kedalaman 500 – 700 m) hingga mencapai dasar laut (under the sea) yang dikenal sebagai landas kontinen.



Mengacu pada makna dua kata tersebut, kita bisa memastikan bahwa laut dan kelautan adalah dua hal yang tak terpisahkan. Jika laut adalah wadahnya, kelautan yang menjadi isinya. Merujuk pada maknanya, kelautan sangat luas, bisa tentang apa saja yang ada di dalam laut itu sendiri (ikan, terumbu karang, dsb), apa yang ada di atasnya (kapal, manusia, dsb), bagaimana mengelolanya dengan bijak, maupun bagaimana cara bertahan di atasnya.

Sebagai manusia yang bertanggung jawab, menjaga kelestarian laut, dengan ilmu kelautan yang kita miliki, merupakan kewajiban kita bersama, sebagai wujud rasa syukur atas karunia laut yang begitu besar, yang sudah Tuhan berikan untuk kita, manusia.

No comments:

Post a Comment

Adforce Groub Blitar

   Selamat untuk calon ABK ikan Adforce Group SOP dan MOU dari agent USA sudah keluar. Yang akan segera di berangkatkan pada bulan Nove...