Thursday, June 29, 2017

Mengenal Relief Dasar Laut


Relief disebut diartikan sebagai lukisan timbul (memiliki tinggi dan rendah). Relief dasar laut bisa diartikan sebagai perbedaan tingi dan rendahnya bentuk muka bumi di dasar laut. Permukaan dasar laut tidak jauh berbeda dengan permukaan yang ada di muka bumi, seperti yang nampak pada gambar berikut.



Berikut ini merupakan bentuk-bentuk permukaan bumi yang ada pada relief dasar laut. Dasar laut mempunyai relief yang hampir sama dengan permukaan bumi. yaitu sebagai berikut :

1. Landas Benua/Kontinen

Landas kontinen atau landas benua merupakan dasar laut yang merupakan kelanjutan dari benua. Daerah ini adalah suatu relief dasar laut yang menurun perlahan-lahan mulai dari pantai ke arah tengah lautan sampai ke pinggir saat dasar laut tiba tiba menurun. Landas kontinen mempunyai kedalaman sekitar 200 meter. Contohnya : pada Dangkalan Sunda yaitu kelanjutan dari Benua Australia.


2. Palung Laut
Palung laut juga biasa disebut dengan trench. Palung laut adalah dasar laut yang sangat dalam, curam, sempit, dan memanjang. Palung laut terbentuk karena adanya suatu gerak lipatan kulit bumi atau adanya patahan. Contohnya: pada Palung Jawa mempunyai kedalaman 8.000 m, Palung Mariana mempunyai kedalaman 9.635 m, dan Palung Mindanao mempunyai kedalaman 10.500 m.

3. Gunung Laut

Gunung laut merupakan gunung yang terbentuk di dasar laut. Gunung ini kadang ada yang sampai ke permukaan laut. Gunung ini terbentuk akibat adanya suatu aktivitas vulkanisme. Contohnya pada Gunung Krakatau di Selat Sunda.


4. Ambang Laut (drempel)
Ambang Laut (drempel) adalah dasar laut yang mencuat memisahkan satu perairan dengan perairan yang lain. Contohnya :pada ambang laut Sulawesi.


5. Shelf (paparan benua)
Paparan benua (shelf), merupakan suatu dasar laut yang melandai ke daratan dengan kedalaman rata-rata sampai dengan 200 m. Contohnya : pada paparan sahul, paparan sunda.

6. Laut dangkal

Laut dangkal yakni suatu laut yang kedalamannya kurang dari 200 meter.

7. Laut Dalam

Laut Dalam yakni sebuah laut yang kedalamannya lebih dari 200 m. Contohnya : pada laut banda.

8. Lubuk Laut
Lembah laut atau bekken merupakan suatu daerah yang dalam dan luas di lautan. Daerah ini berupa cekungan. Contohnya : pada Indo-Australia Bekken di Samudra Hindia.

9. Punggung Laut
Punggung laut adalah salah satu relief dasar laut berupa bagian dari dasar laut yang menjulang ke atas sebagai pegunungan di laut. Punggung laut di Indonesia antara lain terdapat di sebelah barat Pulau Sumatra, selatan Pulau Jawa, dan selatan Pulau Sumba.

10. Pulau Koral/Pulau Karang (Terumbu)
Pulau Koral/Pulau Karang (Terumbu) merupakan dasar laut yang sebagian atau semuanya terdiri atas karang.

No comments:

Post a Comment

Adforce Groub Blitar

   Selamat untuk calon ABK ikan Adforce Group SOP dan MOU dari agent USA sudah keluar. Yang akan segera di berangkatkan pada bulan Nove...