Tuesday, July 11, 2017

Cadet Deck, Tugas dan Tanggungjawabnya

Cadet secara bahasa dapat berarti yang berarti Calon Perwira  atau Taruna, namun yang akan kita bahas kali ini adalah kadet sebagai Taruna.


Cadet terbagi sesuai dengan jurusan masing-masing yaitu :
  • Engine Cadet
    • Engine Cadet adalah bertanggung jawab belajar tentang permesinan yang ada di kamar mesin sesuai perintah yang ada di CRB (Cadet Record Book) dari masing-masing lembaga diklat. Yang bertanggung jawab terhadap cadet mesin adalah  Masinis Satu (First Engineer). Jadi keputusan baik buruknya nilai seorang cadet bisa tergantung pada Masinis Satu.
  • Deck Cadet
    • Cadet Deck memiliki tugas dan tanggung jawab secara umum yaitu belajar mengenai tata cara mengemudikan kapal dan belajar mengoperasikan peralatan navigasi dan banyak lagi yang ada hubungannya dengan nautik departement.

Meskipun tugas Cadet tidak begitu spesifik, namun biasanya cadet melakukan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

1. Sounding Tanki
Sounding Tanki dilakukan secara teratur sebelum sarapan biasanya pada pukul 04.00-.8.00. Soundinjg tanki sangat penting untuk memastian stabilitas kapal, dan ini membuat cadet deck menyadari tingginya tingkat tanggung jawab yang diberikan.

2. Membersihkan bagian dalam Kapal/ Superstruktur Kapal
Perwira akan menyuruh membersihkan bagian superstruktur kapal entah itu menyapu, mengepel, dan pelaporan setiap kelainan yang terjadi.

3. Pemmeliharaan LSA dan FFA
Pemeliharaan menyeluruh terhadap life saving appliances (LSA) dan fire fihting appliances (FFA) sangat penting. Umumnya ini merupakan tugas dari 3rd Officer tetapi cadet wajib ikut membantu dan mencatat peralatan yang sudah kadaluarsa.

4. Kerja Deck
Cadet Deck akan menjadi asisten bonus untuk 3 bulan pertama dan setelah itu baru dapat memajikan kakinnya ke anjungan. Disini makan diajari bagaimana caranya pemeliharaan deck kapal baik itu cipping, gerindra, tali temali dll.

5. Saat Berlabuh dan Lepas Sandar
Saat kapal berlabuh crew deck akan berada di posisi masing-masing. Untuk Cadet Deck tugasnya hanya memperhatikan saat pertama kali setelah itu akan diminta untuk tanggung jawab yang lebih besar seperti memastikan operasi berjalan dengan baik.

6. Saat Pandu di atas Kapal
Peran Cadet saat Pandu berada di atas kapal bervariasi mulai dari mempersiapkkan tangga Pandu baik meenaikan maupun menurunkakn serta mengantar Pandu ke anjungan. Setelah dianggap bisa dan berpengalaman maka Kapten akan mengijinkan Cadet untuk mengikuti jaga navigasi baik itu menentukan posisi, mengisi log book, dll.

7. Saat bongkar muat di Pelabuhan
Cadet harus selalu waspada saat berada di pelabuhan. Bekerja saat di pelabuhan termasuk membantu 3rd dengan mempesiapkan dokumen dan memastikan semua telah di stampel dan ditandatangani. Serta selalu membawa jam tangan untuk melihat waktu pengoprasian bongkar dan muat serta memantau oprasinya. Cadet ditugaskan untuk menyounding tanki air tawar karena pada saat sandar propses pengisian air tawar dilakukan.

8. Jaga ISPS
Tugas ini sangat penting untuk keamanan kapal dengan peraturan yang terkandung di dalam ISPS. Seorang Cadet biasanya di tugaskan memantau pintu masuk dan keluarnya orang dari kapal dan mencatat daftar nama-nama orang. ID Card, tas, barang-barang pengunjung harus diperiksa sebelum naik ke atas kapal.

9. Dokumen
Dokumen terkadang membuat Perwira deck merasa kewalahan karena banyak dan mmenumpuk sedangkan tugas Cadet disini membantu Perwira deck untuk menyelesaikan permasalahan Dokumen di atas kapal.

10. Navigasi
Merupakan aspek yang paling penting untuk seorang Cadet deck adalah mengetahui jenis Navigasi dan dapat mengoprasikan Navigasi ketika akan selesai menjalani masa praktek. Seorang Cadet diharapkan mampu belajar seni navigasi dan dibimbing oleh Perwiranya baik itu 3rd,2nd, maupun Chip atau bahkan Kapten. Cadet juga harus mengtahui teori seperti P2TL, Ilmu astronomi, serta jenis Navigasi untuk memudahkan dalam pembelajaran ketika praktek.

No comments:

Post a Comment

Adforce Groub Blitar

   Selamat untuk calon ABK ikan Adforce Group SOP dan MOU dari agent USA sudah keluar. Yang akan segera di berangkatkan pada bulan Nove...